BOIMA – Riksa uji merupakan suatu upaya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan di lokasi kerja. Peralatan-peralatan yang ada di lokasi kerja harus melalui riksa ujia secara berkala agar aman untuk digunakan dan juga bisa bekerja secara optimal.
Melakukan pengujian alat bisa menggunakan jasa perusahaan yang sudah ditunjuk dengan tenaga yang profesional. Saat ini, banyak perusahaan yang membuka jasa riksa uji terpercaya dengan menggunakan alat-alat keluaran terbaru.
Jenis alat yang melalui riksa uji sangat banyak, salah satunya yaitu pesawat angkat dan angkut atau yang biasa dikenal dengan PAA.
Riksa Uji PAA (Pesawat Angkat dan Angkut)
Pesawat angkat dan angkut mendukung proses di suatu industri. Alat ini termasuk ke dalam alat yang memiliki resiko tinggi. Sehingga diperlukan pengujian untuk meminimalisir kecelakaan di lokasi kerja tak hanya untuk operatornya namun juga beresiko untuk orang di sekelilingnya.
Lalu, apa saja alat yang termasuk ke dalam kategori pesawat angkat dan angkut? Pesawat angkat dan angkut sendiri dibagi menjadi lima jenis, yaitu pesawat angkat, pesawat angkut di atas landasan dan di atas permukaan, pesawat jalan di atas rel, pesawat pita transport, dan alat bantu angkat.
Pesawat Angkat
Alat-alat yang masuk ke dalam jenis pesawat angkat antara lain: lier, takel, ban berjalan dan rantai berjalan, eskalator dan travelator, keran magnit, keran lokomotif, pesawat angkat listrik, dan gondola.
Pesawat Angkut di Atas Landasan dan di Atas Permukaan
Alat-alat yang masuk ke dalam jenis ini adalah truk, truk derek, forklft dan kereta gantung, alat angkutan, traktor, dan gerobak.
Pesawat Jalan di Atas Rel
Kemudian, alat yang masuk ke dalam pesawat jalan di atas rel adalah lokomotif, lori, dan gerbong.
Pesawat Pita Transport
Sedangkan untuk alat yang masuk ke dalam jenis pesawat pita transport adalah konveyor ban berjalan, konveyor silinder hidrolik, dan konveyor rantai.
Alat Bantu Angkat
Ada juga alat yang masuk ke dalam kategori alat bantu angkat, seperti shakel, klem, o-ring, sling wirerop, dan spreder bar.
Jika suatu industri memiliki salah satu alat di atas, maka wajib untuk melakukan uji riksa alat. Karena, pengujian alat tersebut sudah diatur dalam undang-undang dan harus ditaati oleh semua pengusaha.
Selain melakukan pengujian dan pemeriksaan, pesawat angkat dan angkut harus dioperasionalkan oleh SDM yang ahli di bidangnya. Kemudian, menggunakan perlengkapan dan pengamanan yang sesuai standard.
Landasan Hukum Riksa Uji PAA
Sebagaimana sudah dijelaskan sedikit di atas, bahwa pengujian dan pemeriksaan pesawat angkat dan angkut memiliki landasan hukum yang harus ditaati. Aturan tersebut didasarkan pada Undang-Undang No 1 Th 1970 mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
Sedangkan mekanisme pelaksanannya, sudah diatur di Permen No 4/MEN/85 tentang Pesawat Angkat Angkut. Peraturan lain yang menjadi landasan hukum untuk pesawat angkat dan angkut tertuang pada beberapa aturan di bawah ini.
- Permenaker No 5/MEN/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut
- Permenaker No 9/MEN/2010 tentang kualifikasi dan syarat operator keran angkat
- Standard Internasional
Tujuan Riksa Uji PAA
Pengujian pesawat angkat dan angkut memiliki banyak tujuan. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan keselamatan kerja dan zero accident. Kemudian, perusahaan juga berkewajiban untuk memenuhi peraturan yang sudah ditetapkan tentang pengujian pesawat angkat dan angkut.
Riksa uji juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa alat yang digunakan adalah alat yang benar-benar layak untuk digunakan. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung dapat memperlancar proses pengoperasian dan juga kegiatan yang ada di suatu industri.
Agar proses pemeriksaan dan pengujian alat berjalan dengan lancara dan sesuai dengan standard yang sudah ditentukan, suatu perusahaan membutuhkan SDM ahli di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan untuk mengadakan pelatihan K3 di lingkungan kerja.
Proses Riksa Uji Pesawat Angkat dan Angkut
Riksa uji dilakukan secara berkala agar sesuai dengan standard. Lalu bagimana proses riksa uji berlangsung?
Sebelum proses pemeriksaan berlangsung, instansi perlu menyiapkan berkas-berkas pendukung, seperti data teknis, sertifikat bahan, gambar konstruksi, wiring diagram, dan berkas lainnya yang dibutuhkan.
Ketika berkas dan alat sudah disiapkan, proses riksa uji akan diawali dengan pemeriksaan data teknis. Kemudian, alat yang sudah disiapkan akan diperiksa dan diamati. Poin-poin yang menjadi pengamatan biasanya berbeda-berbeda tergantung dari alat apa yang diperiksa.
Namun, untuk pesawat angkat dan angkut, ada tiga poin utama yang biasanya dilakukan pengujian, yaitu pemeriksaan visual, pengujian tanpa rusak, dan pengujian beban. Tiap poin pemeriksaan memerlukan alat periksa tertentu, sebagai berikut.
Pemeriksaan visual
Alat yang dibutuhkan untuk pemeriksaan visual adalah kaca pembesar, palu, senter, jangka sorong, kunci, filter gauge dan pulley gauge.
Pengujian tanpa rusak
Kemudian, untuk pengujian tanpa rusak, membutuhkan peralatan seperti ultrasonic tester, penetrant dye, wire rope tester, dan radiographic tester.
Pengujian beban
Peralatan yang diperlukan untuk pengujian beban adalah theodolite, beban uji, meteran, pengukur beban, dan alat penimbang beban.
Selain itu, saat proses pengujian berlangsung ada pihak-pihak terkait yang ikut, yaitu pegawai pengawas, ahli keselamatan kerja, operator pesawat angkat dan angkut, pembantu pelaksana di bidang mekanik, listrik, uji tanpa rusak, dan rigger. Dalam pelaksanaan riksa uji, perusahaan boleh melibatkan pihak ketiga.
Kemudian hasil dari pemeriksaan akan dicatat sebagai data lapangan. Setelah itu, data tersebut akan dibandingkan dengan standard nasional, apakah sudah sesuai ataukah belum. Jika belum sesuai akan dilakukan evaluasi poin mana yang belum memenuhi standard.
Jika semua proses sudah selesai, perusahaan akan menerima laporan hasil riksa uji sekaligus jadwal riksa uji yang harus dilakukan selanjutnya.
Jika Anda membutuhkan jasa riksa uji, Boima adalah mitra yang tepat. PT Boima Jaya Inspektindo merupakan salah satu perusahaan jasa K3 dan sertifikasi alat terpercaya. Boima menyediakan layanan konsultasi gratis untuk Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut.
Mengapa harus Boima?
1. Memiliki SDM Terampil
Boima menyediakan SDM yang terampil di bidangnya. Tim yang prosesional dan berpengalaman siap membantu perusahaan Anda.
2. Menggunakan Teknologi Terbaru
Jika Anda bekerjasama dengan Boima, peralatan yang digunakan selama pengujian adalah peralatan dengan teknologi terbaru. Tentu saja, hasilnya lebih akurat dan memuaskan Anda. Jenis peralatan yang digunakan tergantung dari layanan yang Anda pilih.
3. Berpengalaman
Boima sudah berpengalaman melayani perusahaan besar. Sehingga Anda tidak perlu lagi ketika ingin menggunakan layanan dan jasa dari Boima.
4. Menyediakan Konsultasi Gratis
Bingung harus memulai dari mana? Boima menyediakan jasa konsultasi gratis untuk Anda. Anda bisa mengisi form yang sudah disediakan di website Boima. Dan temukan solusi yang sesuai dengan permasalahan Anda.
Demikianlah informasi mengenai riksa uji pesawat angkat dan angkut. Semoga informasi di atas bermanfaat!